Beranda > Bekal Perjalanan > Hakekat kesabaran

Hakekat kesabaran

11 November 2009

Menurut Amirul muminin Ali bin abi thalib, “Jika kalian bersabar, Niscaya kalian memperoleh pahala dari bencana yang menimpakalian, namun jika kalian kehilangan kesabaran, maka kalian akan mendapat dosa atas bencanan yang menimpa kalian”.

Adalah layak bahwa kesabaran dilukiskan sebagai sifat yang indah, berkaitan dengan kesabaran menghadapi bencana yang tak terelakan,seperti kehilangan yang dicintai,harta yang dirampas,penyiksaan oleh musuh. Alkisah dalam lintasan sejarah bahwa Khosrow, raja persia pernah memarahi Bozorgmher. Karenanya Khosrow menahannya dalam suatu rumah yang gelap dan memerintahkan penjaga untuk merantainya dengan besi. beberapa hari kemudian khosrow mengirim beberapa orang untuk melihat keadaanya. ketika mereka mengunjungi rumah gelap itu mereka mendapati nya dalam kondisi tentram dan ceria, mereka menjadi kaget. Karenanya mereka bertanya” Bagaimana engkau dapat berada dalam kondisi kedamaian sedangkan engakau sedang menjalani hukuman?” Ia menjawab” sesungguhnya aku telah membuat,mencampur dan menggunakan enam konsep hingga dapat membantuku merasa dalam kedamaian:

  • .Percaya kepada tuhan
  • Percaya bahwa segala yang tuhan tentukan pasti terjadi.
  • Fakta bahwa kesabaran merupakan hal yang terbaik yang harus dilakukan      oleh orang sedang tertimpa bencana
  • Apa yang dapat aku lakukan jika aku tidak bersabar?Aku tidak akan membuat ketidaksabaranmenguasai diriku.
  • Mungkin ada sebagian orang yang mengalami bencana yang lebih dahsyat.
  • Penderitaan akan berakhir suatu saat..

Imam shadiq berkata:
” Tegakkanlah sikap ketaatan kepada Allah SWT dan lawanlah sikap ketidaktaatan kepada-Nya. Dunia ini hanyalah sekejap, kalian tak dapat merasakan lezatnya kesenangan atau kepahitan dari semua yang telah berlalu dan kalian tidak akan pernah bisa mengetahui apa yang belum terjadi. Karena tunjukanlah kesabaran pada yang sekejap itu, dan kalian akan bahagia.

sumber: Safinatul Bihar,

%d blogger menyukai ini: